Label

Jumat, 04 Maret 2016

Metode KUMON dan Keistimewaannya


"Learn based on abilities not the age"-Toru Kumon

Di KUMON kami berdedikasi untuk sepenuhnya menggali potensi para individu siswa. Pembimbing Kumon memberikan bimbingan cukup pada para siswa agar dapat menngerjakan soal sesuai dengan kemampuan mereka sendiri. Hasilnya, siswa-siswa tersebut dapat mengerti bahwa mereka dapat mengerjakan sesuatu jika mereka mau mencoba, membangun rasa percaya diri dan mengembangkan kemampuan baru bagi mereka untuk menerima tantangan terhadap diri sendiri.

Empat keistimewaan metode KUMON

1. Bimbingan Perseorangan.


    Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kumon memiliki metode belajar perseorangan yang memungkinkan siswa untuk belajar pada tingkatan yang tepat tanpa mempertimbangkan usia maupun tingkatan kelasnya dan untuk kemudian maju melampaui tingkatan sekolahnya saat ini. Di Kumon siswa bersemangat untuk belajar dan memiliki perasaan berhasil (a sense of accomplishment) ketika kemampuan akademiknya meningkat dan dapat menggali potensi didalam dirinya.

2. Belajar Mandiri

                                

    Kumon menjunjung tinggi belajar secara mandiri. Bertujuan untuk mendorong siswa membaca soal, berpikir, dan mengerjakan lembar soal sendiri. Kemampuan belajar mandiri membantu siswa lebih proaktif dan membantu mereka untuk mengejar tujuan dan cita-cita mereka.

3. Lembar Kerja Small-step
         
     Lembar kerja Kumon didesain untuk membawa siswa dimulai dari soal-soal mudah ke soal-soal sulit dengan cara small-step. Hal tersebut memungkinkan siswa belajar pada tingkatan yang tepat dan maju dengan lancar pada program ini.

4. Para Pembimbing Kumon

Pembimbing siswa di kelas.

    Para pembimbing di Kumon berusaha menemukan kemampuan siswa dan kemudian menggali potensinya. Pembimbing memberikan perhatian terhadap kemampuan akademik siswa, karakter dan bagaimana dia saat mengerjakan lembar kerjanya. Bedasarkan pengamatan, pembimbing memberikan bimbingan yang efektif untuk memastikan setiap individu belajar pada tingkatan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar